Sabtu, 14 Juli 2012

Internet Protokol Versi 6

Internet Protokol versi 6

IP versi 6 (IPv6) adalah protokol internet versi baru yang didesain sebagai pengganti dari Internet protocol versi 4 (IPv4) yang didefinisikan dalam RFC 791. IPv6 yang memiliki kapasitas alamat (address) raksasa (128 bit), mendukung penyusunan   alamat   secara terstruktur,   yang   memungkinkan   Internet   terus berkembang dan menyediakan kemampuan routing baru yang tidak terdapat pada IPv4.
IPv6 memiliki tipe alamat anycast yang dapat digunakan untuk pemilihan route secara efisien. Selain itu IPv6 juga dilengkapi oleh mekanisme penggunaan alamat secara local yang memungkinkan terwujudnya instalasi secara Plug & Play, serta menyediakan platform bagi cara baru pemakaian Internet, seperti dukungan terhadap aliran data secara real-time,  pemilihan  provider,  mobilitas  host,  end-to-end  security,  maupun konfigurasi otomatis.
Keunggulan IPv6
Otomatisasi   berbagai   setting   /Stateless-less   auto-configuration (plug & play). Alamat pada IPv4 pada dasarnya statis terhadap  host. Biasanya diberikan secara berurut pada host. Memang saat ini hal di atas bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan DHCP (Dynamic   Host   Configuration Protocol), tetapi hal tersebut pada IPv4 merupakan fungsi tambahan saja, sebaliknya pada IPv6 fungsi untuk men-setting secara otomatis disediakan secara standar dan merupakan default-nya. Pada setting otomatis ini terdapat dua cara tergantung dari penggunaan address, yaitu setting otomatis stateless dan statefull.
1.      Setting Otomatis Statefull
Cara pengelolaan secara ketat dalam hal range IP address yang diberikan pada host dengan menyediakan server untuk pengelolaan keadaan IP address, dimana cara ini hampir  mirip  dengan  cara  DHCP  pada  IPv4.  Pada  saat melakukan  setting  secara otomatis,  informasi  yang  dibutuhkan  antara  router, server  dan  host  adalah  ICMP (Internet Control Message Protocol) yang telah diperluas. Pada ICMP dalam IPv6 ini, termasuk  pula  IGMP  (Internet  Group management  Protocol)  yang  dipakai  pada multicast pada IPv4.
2.      Setting Otomatis Stateless
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
      (Untuk file lengkapnya silahkan lihat di menu download "IPv6" atau di menu APJK "Jaringan Komputer edisi 8")

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar