Rabu, 04 Juli 2012

NOS (Nertwork Operating System)

NOS (Network Operating System)

NOS katanya dapat dipisah menjadi Network dan Operatin System.  Mari kita lihat satu persatu.
1.      Network
Berarti jaringan. Yang disini berkaitan dengan akses internet. Seperti materi sebelumnya telah kita pelajari tentang jaringan dari dasar-dasar jaringan hingga komponen-komponen harware juga media transmisi. Jadi sekarang kita fokus pada Sistem Operasi yang digunakan untuk akses jaringan.


2.      Operating System/ Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan salah satu jenis software yang berhubungan langsung dengan hardware yang digunakan. Pada sistem operasi ini software-software lain berjalan dan bisa menggunakan hardware yang ada.
Berikut ilustrasi hubungan hardware, software, dan sistem aplikasi (untuk langsung ke user).

3.      Network Operating System
Dari ilustrasi seperti di atas dapat diambil kesimpulan bahwa NOS adalah sistem operasi yang memiliki fasilitas akses jaringan. Semua jenis sistem operasi  baik itu digunakan sebagai client maupun sebagai server, yang menyediakan akses ke jaringan teramasuk NOS. misalnya, Window 7, mikrotik (khusus untuk router), windows server 2003, Novell Netware, dll.
Yang membedakan client atau pun server adalah layanannya. Disebut server jika perangkat tersebut memberikan layanan kepada perangkat lain, disebut client jika perangkat tersebut menerima layanan dari perangkat lain. Misal dua PC (PC1, PC2) terhubung. PC2 mengakses data dari PC1 maka PC1 disebut server dan PC2 disebut client.
Walaupun begitu, untuk kepentingan dunia usaha dan lain hal, maka fungsi server dan  client dipisahkan pada tiap perangkat. Maksudnya disini untuk server yang berkapasitas besar. Misalnya, untuk server facebook melayani banyak user harus menggunakan server khusus sebagai server, tetapi jika hanya untuk melayani  user sedikit misal pada satu warnet dengan 10 PC sebagai server dapat juga digunakan salah satu dari PC tersebut. 


masih banyak yang perlu diperbaiki dan ditambah.............

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar