Rabu, 20 Juni 2012

Konsep Komunikasi data & komponen Jaringan


KOMUNIKASI DATA
Komunikasi
Gambar 3. Orang berkomunikasi
Dalam kamus Oxford (2003:257), komunikasi (communication) merupakan sebuah aktivitas atau proses dalam mengekspresikan ide-ide dan perasaan atau memberikan informasi kepada orang. (the activity or process of expressing ideas and feelings or of giving people information)


 Data
Gambar 4. Data
Dalam bahasa Inggris, data merupakan bentuk jamak dari datum yang berarti sebuah fakta atau bagian dari informasi. Sebenarnya, kata datum ini sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”.

Dalam wikipedia, data adalah catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

Sebagai tambahan, data terbagi menjadi dua, yaitu data analog dan data digital.

Komunikasi Data
Dari analisa sederhana saja, maka komunikasi data dapat kita definisikan sebagai perpindahan informasi dari sebuah poin A ke poin B.
Sedangkan menurut Abdul Kadir (2005: 356), komunikasi data hanyalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan perpindahan data/informasi dalam bentuk digital dari suatu peranti ke peranti lain.
Komunikasi data ini dapat disampaikan secara kabel (wired) atau tanpa kabel (wireless). Jadi, komunikasi data ialah pertukaran informasi digital antara komputer dan peralatan digital lainnya lewat titik-titik telekomunikasi dan kabel atau link-link tanpa kabel.
Jadi, jika kita pikirkan lagi, maka komunikasi data inilah tujuan dari pembuatan jaringan komputer.

Kita telah mengetahui pengertiannya masing-masing. Jika digabungkan, maka akan kita dapat pengertian jaringan komputer dan komunikasi data, yaitu: sekelompok komputer dan alat-alatnya yang melakukan pertukaran informasi digital lewat titik-titik telekomunikasi kabel ataupun tanpa kabel agar dapat melakukan bagipakai peralatan masukan, keluaran, dan pemrosesan.

Berikut adalah penjelasan dari manfaat jaringan komputer (Kadir, 2005: 415-416).
a.    Berbagi perangkat keras
Perangkat keras semacam harddisk, printer dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Peranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan ke suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya. Cara seperti ini dapat menghemat biaya.

b.    Berbagi program atau data
Program ataupun data dimungkinkan untuk disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server. Cara seperti ini memungkinkan sebuah perusahaan membeli sebuah perangkat lunak seperti pengolah data dan dipasang di server. Lalu, semua orang yang memerlukannya dapat mengakses program tersebut.

c.    Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya dukungan jaringan komputer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Para pemakai komputer dapat mengirimkan surat elektronis dengan mudah dan bahkan dapat bercakap-cakap secara langsung.

d.    Memudahkan pengaksesan informasi
Dengan menggunakan jaringan komputer, seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya.

“komponen yang butuhkan untuk koneksi ke jaringan?”
Untuk membangun sebuah jaringan, maka kita akan membutuhkan komponen-komponen sebagai berikut.
a. Komputer
>> Tentu saja dibutuhkan komputer dalam membangun sebuah jaringan.

b. NIC (Network Interface Card / Kartu Jaringan)
>> Kartu jaringan adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. 

c. Media Transmisi (Bisa wire/wireless, dengan atau tanpa kabel)
>>Media transmisi adalah media yang digunakan sebagai penghubung antara pengirim dan penerima, unutk melintaskan isyarat. Media ini dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu media berkabel (wired) dan media tak berkabel (wireless).

d. Network Device (alat-alat jaringan)
>> Yang termasuk di dalam network device ini adalah alat-alat yang berperan di dalam jaringan. Contohnya: access point, router, switch, hub, dll.

e. NOS (Network Operating System / Sistem Operasi Jaringan)
>> Untuk membangun sebuah jaringan, maka dibutuhkan sebuah PC yang telah diinstal sistem operasi jaringan di dalamnya, misalnya Windows 2000, Windows NT, Novell Netware, Linux, dll.



Referensi:
Abdul Kadir dan Terra Ch. Triwahyuni. 2005. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi
Brian, Williams dan Sawyer, Stacey. 2003. Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications. New York: McGraw-Hill/Irwin
D’SpecialOne. 2012. Jaringan Komputer. http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer (diakses 20 juni 2012 pukul 10.29 WIB)
Hornby. 2003. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Oxford: Oxford University Press
Noname. 2011. Data. http://id.wikipedia.org/wiki/Data (diakses
20 Juni 2012 pukul 10.28 WIB)
-----------. 2012. Komputer. http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer (diakses 20 Juni 2012 pukul 10.28 WIB)
Fransiska Dewi L. 2011. Konsep Jaringan Komputer dan Komunikasi Data. http://dewihacchan.blogspot.com (diakses 20 juni 2012 pukul 10.30 WIB)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar