Jumat, 22 Juni 2012

Komputer & NIC


KOMPUTER

Pengertian komputer

Kata komputer berasal dari kata compute yang berarti menghitung. Dalam Wikipedia ditulis bahwa pada awalnya, kata computer digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan dengan atau tanpa alat bantu, namun arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Menurut Banhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung”, kemudian menjelang 1897, kata tersebut juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama perang dunia II, kata tersebut merujuk pada para pekerja wanita AS dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Nama komputer ini sendiri mungkin tidak begitu cocok dengan kegunaannya. Sebagai pioneer dari komputer, John Von Neumann pernah mengatakan “the device should not be called a computer, but rather the ‘all-purpose machine’. It is not, after all, just a machine for doing calculations. The most striking thing about it is that it can be put to any number of uses.” (alat ini seharusnya tidak disebut komputer, melainkan “mesin serba guna”. Ia tidak hanya sebuah mesin untuk melakukan perhitungan. Hal yang utama darinya adalah bahwa ia dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan).

Menurut kamus Oxford halaman 264, pengertian komputer adalah sebagai berikut.
“com-puter: (noun) an electronic machine that can store, organize and find information, do calculations and control other machines”
“komputer: (kb) sebuah mesin elektronik yang dapat menyimpan, mengorganisir, dan menemukan informasi, melakukan kalkulasi dan mengontrol mesin lainnya.”

Umumnya, komputer terdiri dari tiga komponen utama, yaitu input, proses, dan output. Jika dilihat, cara kerja komputer dibuat sedemikian mungkin sehingga dapat meniru prinsip kerja dari manusia. Data diinputkan ke dalam komputer melalui input device yang kemudian diproses sehingga dapat menghasilkan output (hasil) yang diinginkan.

Jenis komputer
PC (personal computer)
Komputer pribadi (PC) adalah sebuah komputer yang dirancang untuk penggunaan umum oleh satu orang. PC pertama kali dikenal sebagai mikrokomputer karena PC adalah komputer yang lengkap tapi dibangun pada skala yang lebih kecil.

Desktop

Komputer Desktop adalah sebuah PC yang tidak dirancang untuk mudah dibawa (portabilitas). Tujuannya jelas agar anda mengatur (set) komputer di lokasi permanen. Desktop lebih baik dari PC dalam hal "power" dan penyimpanan (storage).

Laptop
Laptop sering juga disebut notebook adalah komputer portabel yang mengintegrasikan layar, keyboard, perangkat penunjuk (mouse,trackball), prosesor, memori dan hard drive yang semua daya-nya disuplai dari baterai.

PDA

Personal Digital Assistant (PDA) komputer ter-integrasi yang sering menggunakan flash memory daripada hard drive sebagai media penyimpanannya. Komputer ini biasanya tidak memiliki keyboard, tetapi menggunakan teknologi layar sentuh (touch screen) untuk masukan (input) pengguna. Versi komputer jenis ini yang sedikit lebih besar dan lebih berat adalah Handheld Computer (komputer genggam).

Workstation
Workstation sebenarnya adalah sebuah komputer desktop yang memiliki prosesor yang lebih kuat, memori tambahan dan peningkatan kapabilitas.

Server
Sebuah komputer yang dirancang dan telah dioptimalkan khusus untuk menyediakan layanan (service) untuk komputer lain. 

Mainframe
Pada era awal berkembangnya teknologi komputasi, komputer mainframe berukuran sangat besar bahkan dapat mengisi seluruh ruangan. Sekarang Mainframe tidak sebesar dulu (contoh berat minimum mainframe jenis IBM System z10 Enterprise adalah 1,25 Ton dan berat maksimum 2,3 Ton !!) dan masih digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk pengolahan jutaan transaksi/lintas data setiap harinya.

Mini Computer
Istilah Minicomputer sudah jarang digunakan, sekarang biasa disebut dengan Mid-Range Server. Kekuatan dari komputer jenis ini masih di bawah Mainframe.

 
Super Computer
Jenis komputer ini biasanya menghabiskan biaya yang sangat mahal. Pada sebagian besar jenis dari komputer ini, super komputer terdiri dari gabungan beberapa komputer yang mempunyai kinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai sebuah sistem tunggal. Superkomputer yang paling terkenal saat ini adalah Superkomputer Cray.


Wearable Computer
Tren terbaru di bidang komputer adalah jenis komputer yang dapat dipakai. Pada dasarnya, aplikasi komputer umum seperti e-mail, database, multimedia, kalender, scheduler dll dan diintegrasikan ke dalam sebuah alat seperti jam tangan, kacamata, ponsel, dsb.


Komponen  hardware komputer dikelompokkan berdasarkan fungsinya
1.      Perangkat Input, proses, output, storage, periperal
----------------------------------------------------------
Arsitektur komputer RISC (Reduce Instructional Set Computer) & CISC (Complex Instruction Set Instruction Computer)
--------------------------------------------
Perbedaan RISC & CISC
--------------------------------------------

NIC (NETWORK INTERFACE CARD / KARTU JARINGAN)

Kartu jaringan adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.  
------------------------------------------------

(untuk file lengkap ekstensi .docx, silahkan lihat menu download "Komputer & NIC")

 
Referensi
Ari, Indra. 2009. RISC, CISC, dan Superscalar. http://ari-indra-a.blogspot.com/2009/06/risc cisc-dan-superscalar.html (diakses 26 juni 2012 pukul 20.50 WIB).
Brookshear, J.Glenn. 2003. Computer Science : Suatu pengantar. Edisi 7. (Terjemahan olehIrzam Hardiansyah) Jakarta : Erlangga.
Derwan. 2010. Perbedaan antara RISC dan CISC. http://derwan.wordpress.com/2010/02/25/perbedaan-antara-risc-dan-cisc/ (diakses 26 juni 2012 pukuul 20.50 WIB).
Stalling, William. 1998. Computer Organization and Architecture. (Organisasi dan Arsitektur Komputer, Jilid 1. Terjemahan oleh Gurnita Priatna) Jakarta : Prenhalindo.
Yuhefizar. 2003. Tutorial komputer dan jaringan. http://IlmuKomputer.com (diakses Selasa, 26 juni 2012, pukul 20:41 WIB).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar