Jumat, 11 Mei 2012

Hakikat hormat

 
Rasa hormat itu bisa dibuat-buat. Tapi kehormatan tidak akan pernah bisa dipalsukan.  Bila berjuta manusia mengagumi kita padahal kita adalah sampah, kita tetaplah sampah!
Respect can be made ​​up. But honor can never be falsified. When we admire the millions of human beings when we are rubbish, we keep the garbage!

Semakin hari dengan ringan kita cederai kesakralan, tempat di mana kehormatan itu mengambil mata airnya yang jujur dan alami. Dengan ringan kita kotori kesakralan dalam bernegara, kesakralan dalam berpolitik, kesakralan dalam berbisnis, bahkan kesakralan dalam memandang ikatan laki-laki dan perempuan.
The more mild day with us cederai sacred, a place where honor was to take an honest eye and natural waters. With our mild Kotori sanctity of the state, the political sanctity, the sanctity of doing business, even in view of the sanctity of the bond of men and women.
Maka hidup kita berlimpah rasa hormat, tetapi kehormatan kita mengalami krisis yang akut.
So our life is abundant respect, but we had the honor of an acute crisis.

Negara memiliki lembaga-lembaga tingginya. Tempat tata kelola kehidupan kita diatur tidak semata atas dasar konstitusi. Tapi juga karena kesana kita memuarakan rasa terikat kita akan nilai-nilai luhur yang menaungi sesama warga bangsa. Maka orang-orang yang memimpin lembaga-lembaga itu, semestinya mengerti bagaimana menjaga wibawa institusinya. Tidak semata dengan keahlian dan kecakapan. Tapi bahkan dengan sikap tahu diri untuk diam atas apa yang tidak perlu ikut bicara, dan tidak perlu bicara atas apa yang seharusnya cukup pihak lain yang bicara.
States have higher institutions. Place the governance of our lives governed not merely on the basis of the constitution. But also because we get there we will feel bound noble values ​​that overshadow his fellow citizens of the nation. Then the people who lead these institutions, should understand how to keep prestige institutions. Not only with skill and prowess. But even with the attitude of knowing yourself to dwell on what you do not need to go talk to, and not have to talk over what it should be enough others do the talking.

Politik memiliki perangkat dan organ. Tempat para pemimpin dan anggotanya seharusnya mengerti arti kesakralan pengabdian dan dedikasi. Maka siapapun yang telah memutuskan untuk membangun organisasi politik, seharusnya tahu bahwa perilaku imitasi dan mengelabui hati nurani di panggung itu akan berakhir menyedihkan. Tak peduli sesudah itu bermacam dalih dan pengalihan dikambinghitamkan.
Have the tools and the political organs. Place the leaders and members should understand the meaning of the sanctity of devotion and dedication. So anyone who has decided to build a political organization, should have known that imitation behavior and conscience trick on stage it will end up miserable. Never mind that after the transfer of a variety of pretexts and scapegoated.

Bisnis memiliki etika. Tempat orang seharusnya mencari karunia yang sah dan tidak semena-mena mengambil apa yang bukan haknya. Terlebih bila kita melakukan transaksi untuk dan atas nama negara, tak peduli yang dibeli beras atau pesawat terbang. Siapapun yang berdagang tidak akan mudah lari dari hukum alam, bahwa apa yang kita dapat dengan khianat, tidak akan berbekas dalam manfaat.
Have an ethical business. Where people should look for gifts that are legitimate and not arbitrarily take what is not rightfully his. Especially when we conduct transactions for and on behalf of the state, no matter who bought rice or aircraft. Anyone who trades will not be easy to run from the law of nature, that what we can with the traitor, will not be etched on the benefits.

Perkawinan memiliki ikatannya. Tempat laki-laki dan perempuan seharusnya menautkan diri tidak semata karena nafsu tetapi juga aturan agama. Hanya karena seseorang adalah artis atau orang terkenal, tidak berarti ia bisa mengumbar bangga kehamilan tanpa pernikahan.
Has a binding marriage. Place men and women should link themselves not only because of lust but also the rules of religion. Just because someone is an artist or a famous person, does not mean he can spit proud of pregnancy without marriage.

Kesakralan standar adalah apa yang selaras dengan hukum dan aturan. Selebihnya adalah panggilan hati untuk berbuat lebih baik, memberi lebih baik, dan berkarya lebih bermutu. Begitulah peradaban mengajari kita makna martabat kehormatan.
The sacredness of the standard is what is in harmony with the laws and rules. The rest is a vocation to do better, giving better and better quality work. That civilization has taught us the meaning of the dignity of honor.

Rasa hormat bisa dibuat-buat. Tapi kehormatan tidak akan pernah bisa dipalsukan. Kita mungkin bisa hidup meski tidak dihormati, tetapi kita akan mati tanpa kehormatan, meski secara fisik hidup. Sebab kehormatan adalah kimia jiwa. Sedang rasa hormat adalah fisika kehidupan dunia yang setiap orang bisa mencarinya.
meski ia tidak berhak mendapatkannya.
Respect can be made ​​up. But honor can never be falsified. We may be able to live if not respected, but we will die without honor, even though physically alive. For honor is the soul of chemistry. Moderate physical respect is the life of the world that everyone can look it up.
although he did not deserve it .

Maaf jika bahasa ingrisnya kurang tepat.
Sorry if the language is less precise


sumber :
http://istanailmu.com/archives-2011/martabat-kehormatan/html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar