Selasa, 03 April 2012

Pertemuan 1


Instalasi Dan Jaringan Computer Dengan Mikrotik

A.    Tujuan
v  Siswa mengenal dan memahami perangkat routing pada jaringan computer
v  Siswa mengenal mikrotik router sebagai perangkat routing
v  Siswa diharapakan  mampu menginstal dan mengkonfigurasi  mikrotik


B.     Alat dan bahan
v  Personal computer
v  Kartu jaringan (NIC)
v  Kabel UTP
v  Mikrotik router board
v  Mikrotik router OS
v  Switch

C.    Materi teoritis
Mikrotik router OS merupakan system operasi linux yang diperuntukkan sebagai network router. Mikrotik didesain untuk memberikan kemudahan bagi user dengan administrasi bisa dilakukan melalui windows application (WinBOx). Selalin itu instalasi dapat dilakukan pada standar computer PC. PC  yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standar, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan  beban yang besar  (network yang besar, router yagn rumit, dll) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.
Fasililtas pada mikrotik antara lain sebagai berikut :
·         Protocol routing RIP, OSPF, BGP
·         Statefull firewall
·         Hotspot for plug-and-play accessdemikian mikrotik bukanlah free software
·         Remote windbox GUI admin
Meskipun  demikian mikrotik bukanlah free software , artinya kita harus membeli licenso terhadap segala fasilitas yang disediakan. Kita bisa membeli software mikrotik dalam bentuk CD yang diinstall pada hard disk. Mikrotik juga mengembangka harsware dengan spesifikasi dan karakteristik unik serta mempunyai kemampuan handal sebagai mesin router.
Dengan dipasarkannya mikrotik router band dalam berbagau seri kamudahan kita untuk memilih produk  sesuai dengan kebutuhan. Fleksibilitas ini slah satu factor yang menjadikan mikrotik  router band booming dan menjadi pilihan ekonomis dangan kualitas prima, disamping banyak keunggulan-keunggulan lainnya. Kita akan bahas dan teliti mikrotik ini, baik spesifikasi karakteristik maupun kemampuan mikrotik, naik software  mikrotik OS maupun hardware mikrotik router band.
1.      Hardware mikrotik
Mikrotik kompatibel dengan hampir semua jenis antenna WIFI a/b/g, baik produk mikrotik maupun produsen lainnya. Dengan pemilihan kanal frekuansi dan po;aritas yang tetap, kombinasi power output dan kepekaan sinyal dapat diatur ssesuai kebutuhan. Unutk perangkat pendukung seperti lighting arrester, power supply, adaptor, pigtail jumper, PoE juga sudah diperhitungkan dan mikrotik support unutk itu. Bahkan router board memiliki proteksi  yang cukup baik untuk masalah overvoltage, ketidaksesuaian power output signal dalam mikrotik disebut powerroutage, identifikasi frekuensi, dll.
2.      Software mikrotik
Mikrotik router OS adlah system operasi linux untuk router dari mikrotik berbasis linux software programme. Pada saat sekarang, WinBox telah di tampilkan secara graphical, sehingga user dengan mudah dapat mengakses dan mengkonfigurasi router sesuai kebutuhan dengan mudah dan efisisan. Memperkecil kesalahan pada waktu satup konfigurasi, mudah dipahami dan contumable sesuai yagn kita inginkan.
Fitur-fitur mikrotik router OS cukup banyak, bahkan lebih lengkap disbanding router OS yang lain, dan sangat membantu kita dalam berinprovisasi untuk mencari solusi dari kendala yang  sering kita jumpai dilapangan. Berikut overview tentang kerakter dan kemampuan mikrotik router OS, diantaranya :
·         Firewall dan NAT paket
·         Router static
·         Data rate management per
·         Hotspot
·         Point to poin
·         Simple tunnel IP
·         IP sec IP
·         Web proxy
·         DHCP server per interface
·         Universal client transparent
·         VRRP
·         NTP network

D.    Langkah kerja
1.      Install mikrotik
Setting computer agar booting melalui CD. Lalu Restart computer, tekan tombol apasaja pada keyboard. Kemudian Tampil menu istalasi mikrotik

Pilih semua service/layanan yang disediakan dengan menekan tombol ‘a’.Selanjutnya tekan tombol ‘y’, lalu format harddisk sebagai tempat file-file mikrotik
Proses pengkopian selesai. Muncul layanan login dan password. Masukkan username default ‘admin’, password :’ ..’
Selanjutnya tampilan interface mikrotik
 
2.      Konfigurasi
Menetukan IP address untuk interface public dan local pada gateway  mikrotik, dimana interface public akan terkoneksi ke jaringan internet sedang interface local akan terkoneksi ke jaringan local.
Setelah login, masukkan perintah ‘interface Ethernet print’. Tampil seperti berikut
 
Konfigurasi IP address untuk kedua NIC. NIC 1, Ketik IP  -- > address -- >192.168.189.202/24 lalu tekan enter, interface ether1. NIC 2, Ketik IP  -- > address -- >192.168.1.1/24 lalu tekan enter, interface ether2.

Konfigurasi selesai

Selanjutnya , klik kanan -- > pilih properties -- > pilih internet protocol -- > klik properties
 atur ip. default gateway 192.168.1.1 dan DNS 10.1.1.5. Klik ok


Konfigurasi mikrotik dengan menggunakan winbox
Download aplikasi winboks.. lalu instalasi aplikasi tersebut pada PC. Berikut tampilan interface windbox.

Berikut alamat NIC padad PC yang dbuat tadi
Selanjutanya kita lihat melalui menu ini, hasil IP address yang telah dibuat tadi
Berikut cara mengatur IP address melalui winbox. klik menu IP -- > address -- > tampil jendela IP address
Berikutnya menetukan IP address pada masing-masing NIC. Menetukan routing pada gateway mikrotik sehingga dirinya sendiri sudah bisa terkoneksi ke internet . ---- > klik ikon (+) -- > Isikan IP addressnya dan pilih ethetnet pada interfacenya -- > ok. Disini juga bisa mengubah IP yang telah dibuats ebelumnya.
Untuk mengatur agar bisa access internet, klik menu IP --- > pilih router -- > klik ikon (+) --- > atur alamat destination, gateway -- > klik ok
Mengaktifkan NAT pada gateway mikrotik agar setiap client dapat tekoneksi ke internet.  Untuk mengatur NAT, klik menu IP -- > pilih firewall -- > klik ikon (+) -- > atur, pada action : masquerade, general :$renat, src.address : alamat IP PC --- > klik ok
 



Evaluasi
Buatlah jaringan seperti gambar dibawah. Pengaturan dilakukan sesuai dengan pratikum yang telah dilakukan didatas. Sehingga hasil pada saat di tes seperti pada tabel.
Berikut gambar jaringan yang dibuat
NO
Test Koneksi (ping)

Router (Tracert)
Dari
Ke
Respon
Dari
Ke
Respon
1
192.168.1.3
192.168.1.4
Reply from
192.168.1.3
192.168.1.4
1 <1ms 1<ms 1<ms
2
192.168.1.3
192.168.1.2
Reply from
192.168.1.3
192.168.1.2
1 <1ms <1ms <1ms
3
192.168.1.4
192.168.1.3
Reply from
192.168.1.4
192.168.1.3
1 <1ms <1ms <1ms
4
192.168.1.4
192.168.1.2
Reply from
192.168.1.4
192.168.1.2
1 <1ms <1ms <1ms
5
192.168.1.2
192.168.1.4
Reply from
192.168.1.2
192.168.1.4
1 <1ms <1ms <1ms
6
192.168.1.2
192.168.1.3
Reply from
192.168.1.2
192.168.1.3
1 <1ms <1ms <1ms













hub mini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar